Monday, April 2, 2012

Bisnis MLM Online (bag - 3)


Sukses bisnis mlm sudah dirasakan oleh banyak orang. Hadirnya internet sangat membantu pelaku bisnis network marketing untuk merauk kesuksesan dengan sangat mudah. Apalagi sekarang trend Blogging sedang melanda seluruh belahan dunia. Hasil penelitian mengatakan bahwa sudah ada 130.000 blogger yang aktif di Indonesia. Kabarnya setahun kedepan akan ada sekitar satu juta orang aktif nge-blog di internet. Situs penyedia seperti Blogspot, wordpress, dan multiply sering menjadi perbincangan para blogger.
Website atau blog sebenarnya tidak jauh berbeda dengan website atau homepage di dunia maya yang selama ini kita kenal. Semuanya ibarat rumah yang bisa menampung segala macam informasi yang dimasukkan kedalamnya. Bisa tulisan, jurnal, berita, foto, music bahkan katalok produk. Blog bisa dikembangkan menjadi toko online gratis. Membuat blog lebih mudah sedangkan website lebih rumit pembuatannya.

Apa sebenarnya manfaat blog itu? Manfaat blog hampir sama dengan manfaat website. Sifat blog lebih mudah masuk ke dalam database mesin pencari seperti Yahoo, Bing dan Google. Manfaat blog bisa diperinci sbb:
1.       Blog bisa menjadi media untuk mempublikasikan berbagai macam informasi tanpa batas. Mau diisi dengan berita keluarga, jurnal pribadi, aktivitas perusahaan mlm, sarana kampanye, peluang usaha mlm atau tulisan kritik paling pedas sekalipun bisa dilakukan pada blog.
2.       Blog bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis network marketing dan pemasaran. Banyak sekali blog yang dimanfaatkan sebagai tempat memampangkan katalog produk mlm terbaru. Blog bisa dijadikan alternative bagi perusahaan mlm. Hampir semua fungsi website support mlm bisa dilakukan pada blog, seperti profil perusahaan mlm, marketing plan, kode etik, katalog produk mlm terbaru, berita kegiatan perusahaan mlm dan Tanya jawab dengan konsumen.
3.       Blog bisa menjadi layanan konten berbayar seperti sebuah blog yang berisi berita-berita atau analisis ekonomi politik. Bisa saja mengenakan tariff tertentu kepada konsumen yang ingin mengakses informasi didalamnya.
4.       Blog bisa digunakan sebagai media iklan berbayar atau pendulang dolar. Blog yang rutin dan banyak dikunjungi akan sama fungsinya dengan portal berita semacam Detik.com, yang bisa mendulang pendapatan melalui iklan.
Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari blog. Keberadaan blog saat ini menjadi semakin diperhitungkan dan bahkan semua institusi besar maupun perusahaan-perusahaan konglomerasi pun membangun blog.
Blog untuk mlm
Pada prinsipnya pelaku bisnismlm online baik manajemen perusahaan mlm ataupun mitra usahanya (distributor) dapat memanfaatkan semua potensi blog mlm. Jika kita telusuri mungkin kalangan distributor sudah lebih dahulu menggunakan blog mlm sebagai sarana pendukung bisnis network marketing. Manfaat dari blog mlm untuk perusahaan mlm maupun mitra usaha:
1.       Perusahaan mlm yang belum memiliki blog mlm bisa memanfaatkan blog gratis seperti blogspot.com, wordpress.com, multiply dll sebagai alternative. Daripada keberadaan internet tidak dikenal karena tidak memiliki website.
2.       Bagi mitra usaha (leader) blog mlm bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk membangun bisnis mlm  online. Blog mlm disini berguna untuk media membangun komunitas bisnis mlm online.
3.       Blog mlm bisa dijadikan/difungsikan sebagai sarana untuk merekrut dan mendidik downline. Karena kemampuannya menjangkau seluruh wilayah (asalkan ada koneksi internet) maka blog mlm bisa menjadi sarana interaksi dan komunikasi yang sangat murah namun efektif. Blog mlm bisa menjadi media pelatihan bisnis mlm online yang tidak terhalangi oleh batasan geografis.
Banyak manfaat lain dari blog mlm yang bisa diselaraskan dengan tujuan dan kepentingan para pelaku bisnis mlm online untuk menopang aktivitas offline. Jangan sampai kalah dengan para pelaku money game atau skema pyramid yang sudah menyasar dunia maya sebagai target korban mereka.
Sudah saatnya kita membuka mata untuk memanfaatkan teknologi sebagai media dalam memperkenalkan dan memajukan bisnis network marketing atau bisnis mlm online kita kepada semua orang tanpa batasan geografis. 

Selanjutnya Daftar Isi BLOG


Cafe Bisnis Online

3 comments:

  1. Tidak ada yang salah dengan MLM, tergantung perusahaan dan sucess plannya harus jelas dan emng sdh bnyak mensukseskan orang lain..

    ReplyDelete
  2. sistemnya sudah benar , banyak direcomendasikan oleh orang -orag yg terbukti sukses, tentu bukan seperti sekedar mebalik telapak tangan langsung sukses, ada banyak pelajaran yg akan kita peroleh jika kita action di bisnis ini.

    tips saya pastikan ikut network marketing dimana produknya memanng cocok dan anda butuhkan sehari-hari untuk anda dan keluarga anda

    ReplyDelete
  3. Sistem MLM jika dijalankan dgn semestinya akan jadi baik sperti bisnis sabun elziva.
    Sayangnya byk oknum yg memanfaatkan usahanya dan berkedok MLM.

    ReplyDelete